widgeo.net

Minggu, 24 November 2013

Tips Mendapatkan Item Di Harvest Moon A Wonderful Life





Cara Mendapatkan Tumtum (Drum kecil milik Gustafa)
Untuk bisa mendapatkan Tumtum, berteman baiklah dengan Gustafa. Dengan cara memberinya susu (dia suka semua susu), Telur, dan bunga. Lakukan itu setiap hari. Lalu,
pada year 3, Datanglah ke rumahnya pada pukul 09.00 a.m. atau lebih lalu ajaklah ia bicara maka ia akan memberimu Tumtum.
Cara Mendapatkan Musical Sheet
Untuk bisa mendapatkan Musical Sheet, syaratnya anda harus berteman dengan Romana. Beri ia bunga, susu, dan telur setiap hari ketika ia tidak sedang duduk di kursi goyang (karena dia tidak akan menerima pemberian anda) Lalu, pada year 3, datanglah ke kamarnya tempat ia duduk di kursi goyang, lalu ajak ia bicara, maka ia akan memberimu Musical Sheet.
Cara Mendapatkan Fireworks
Bertemanlah dengan Cassey dan Patrick dengan cara memebrinya makanan, coin, pretty stone, telur, dan makanan lainnya. Lalu pada year 3 datanglah ke rumahnya saat ia sedang bekerja, dan ajaklah Patrick bicara, maka anda akan diberi Fireworks olehnya.
Cara Mendapatkan Fishing Pole
Anda hanya bisa mendapatkan Fishing Pole di year 2 atau lebih. Caranya saya bagi dua, bagi yang masih bermain harvest moon ini di year 1 ikutilah cara pertama. Dan bagi yang sudah bermain harvest moon ini di year 2 keatas, bisa ikuti cara ke-2.
Cara Pertama:
Untuk mendapatkan fishing pole di year kedua, anda harus berteman dengan Galen di Year 1 (karena itulah saya mensyaratkan bagi yang baru main di Year 1 supaya mengikuti cara yang ini). Beri dia segala maca jenis ikan (Semakin besar jenis ikannya semakin baik) dan makanan yang kamu buat (jangan something odd dan failed attemp). Lalu, pada Year 2, Nina (istri Galen) meninggal, Galen akan sangat sedih. Datangilah ke rumahnya, bicaralah padanya, maka ia akan bertanya begini “Do you like fishing?”… Jawab “Yes maka kamu akan mendapatkna Fishing Pole.
Cara Ke-2:
Di cara kedua ini, anda baru bisa mendapatkan Fishing Pole pada year 3 atau lebih. Karena, pada year 2 Galen akan sangat sedih (Karena Nina meninggal), dan ia tidak mau diberi pemberian apapun. Tetapi pada year 3, Galen akan kembali ceria. Dia juga sudah mau menerima pemberian kita. Lalu berilah dia ikan, atau makanan yang kita masak setiap hari. Laalu, kalau anda sudah berteman dengannya. Datanglah ke rumahnya, dan ajaklah ia bicara. Maka ia akan menanyaimu begini “Do you like fishing?” jawab “Yes” maka ia akan memnerimu Fishing Pole
Cara Mendapatkan Wool Clippers
Bertemanlah dengan Wally dengan cara memberinya susu, telur, dan buah. Lalu di pagi hari, sekitar pukul 9 a.m. pergilah ke rumahnya ketika ia sendirian. Cutscene akan terjadi, dan kamu akan diberinya Wool Clippers.
Cara Mendapatkan Strange Sickle
Bertemanlah dengan Cody dengan memberinya bunga/pretty stone, Susu, Telur, Buah, dan masakanmu. Lalu sekitar pukul 1 p.m. datangilah rumahnya. Cutscene akan terjadi dan dia akan memberimu Strange Sickle.
Cara Mendapatkan Gold Medal
Untuk mendapatkan Gold Medal, karakter anda harus berteman dengan Wally. Anda baru bisa mendapatkan Gold Medal setelah anda diberi Wool Clippers oleh Wally. Datangilah rumahnya ketika ia sedang bersama Christ, istrinya. Bicaralah padanya dan anda akan diberi Gold Medal olehnya.
Cara Mendapatkan Weird Sickle
Untuk mendapatkan Strange Sickle, bertemanlah dengan Dr. Hardy. Beri ia fossil, susu, buah, dan masakanmu (Yang berhasil). Jika kamu sudah berteman dengannya, pergilah ke rumahnya dan cutscene akan terjadi. Dr. Hardy akan memberimu Strange Sickle.
Cara Mendapatkan Ruby Spice
Bertemanlah dengan Ruby (Istri Tim) yang tinggal di Inner Inn. Beri dia tomat, susu, bunga, dan masakanmu detiap hari. Lalu pada suatu hari, pergilah ke dapur rumahnya ketika ia sendirian disana.. Ajaklah dia bicara, dan dia akan memberimu Ruby Spice.
Cara mendapatkan Pacul dari tim
Beremanlah dengan Tim (suami Ruby) yang tinggal di inner Inn. Beri dia telur setiap hari. Lalu pada suatu hari, pergilah ke kamarnya sekitar jam 7.30-8.00 am ketika dia sedang sendiri. Disaat itu akan ada cut scene Tim memberikanmu sebuah pacul.
Cara mendapatkan Tartan dari Takakura
Bertemanlah denagn Takakura. Dan suruh dia ke kota setiap hari (caranya dengan memesan parab hayam atau menjual hasil panenmu kepadanya maka dia akan pergi kekota) . Di Tahun kedua pergilah ke rumahnya pada jam 9.00pm disana dia akan memberikanmu sebuah tasnaman yang dia temukan di jalan saat dia mau pulang.
Cara Mendapatkan Biji Grade S (Grade S seed)
Dapatkan Tartan di Year 2. Bertemanlah dengannya dengan banyak mengajak ia bicara. Terus lakukan hal tersebut setiap malam hingga hybridize terbuka.(Untuk yang bukan tumbuhan berpohon)Hybrid-kan hasil panenmu dengan upseed. Maka anda akan mendapatkan Grade S seed
(Untuk tumbuhan berpohon)Hybrid-kan Grade S seed tanaman tidak berpohon dengan hasil panenmu (Buah dari tanaman tidak berpohon ada 5 yaitu apel, Jeruk, Persik, anggur, pisang)
Cara Mendapatkan Necklace
Bertemanlah dengan Flora, asisten profesor Carter yang bekerja di Digsite. Berilah ia Buah, Susu, dan masakanmu. Di sore hari sekitar pukul 5.30 p.m. pergilah ke tendanya dan ajaklah ia bicara. Maka, ia akan memberimu Necklace yang dapat kamu berikan ke anakmu.
Cara mendapakan Seed Maker dari Daryl
Bertemanlah denga Dr. Daryl. Beri dia telu, koin emas, dan ikan apa saja (beri item kepadanya ketika tanganya berada di depan) dan setelah berteman pertgilah ke rumahnya daryl jam 1.00pm dan pada saat itu akan ada cut scene daryl menceritakan tentang penemuanya yang di bajak oleh orang lain, sehingga dia akan memberikanya kepadamu.
Cara mendapatkan pacul dari Vesta
Bertemanlah denganya. Dan beri dia bunga, susu, atau makanan. Disaat sudah berteman denganya, pergilah ke gudang tempat penyimpanan hasil panen vesta, sekitar jam 10.45-11.00 am ketika dia sedang sendirian. Maka akan ada cut scene vesta memberikan mu sebuah pacul yang dalam sekalu macul bisa samp[e 6 petak terpaculi.
nb. Harus memiliki lahan ketiga dulu
Cara mendapatan siraman dari romana
Bertemanlah denganaya. Beri dia bunga,susu. Dan pergilah ke kamarnya saat dia sedang sendirian. Maka akan ada cut scene romana akan memberikan penyiramanya yang mungki akan sangat bermanfaat jika digunakan olehmu, lalu dia akan menyuruh pembantunya untuk mengantarkan siraman itu ke rumahmu.
Nb. Siraman romana dalam sekali siraman bisa menyiram 9 petak.
Cara mendapatkan bebek
Buatlah sebuah Pond, dan ketika tahun kle dua maka istri mu akan membangunkan mu bahwa dia melihat sepasang bebek sednag berenang di kolamnya.
Cara mendapatklan kucing hitam dari Romana
bertemanlah dengan romana dan jika su\dah berteman di tahun pertama ataupun kewdua keluarlah pada jam 6.00 am musimk fall. Maka akan ada cut s\cene romana datang ke rumahmu dengan membawa se ekor kucing hitam untuk di pelihara olehmu. (sayang kucing in tidak bisa di l;atih seperti anjingmu dan tidak mempunyai rumah.
Cara mendapatkan kuda
bertemanlah dengan Takakura. Dan suruh dia ke kota setiap hari, maka pada Musim Summer jam 11.50 dia akan membawakan sewekor kuda untukmu. ( jiaka ingin wqarna putih ataupun cokelat, tinggal reload aja gamenya dan ulangi pada hari tersebut).
Cara mendapatkan Anjing ciohuahua dari carter
Sepertio biasa anda harus berteman dengan carter, dan temukanlah tablet yang ada di penambangan sekitaran n 5 tablet kalo ga salah, maka pada tahun ke 5 anda akan di kasih anjing sihuahua olenya.
Gadis di harvestmoon a wonderful life – Sifat dan karakter masing masing Gadis di harvestmoon a wonderful life
Gadis di harvestmoon a wonderful life – Setiap gadis mempunyai sifat juga karakter khusus yang kamu sukai.Disini kamu harus bisa untuk menarik perhatianya agar dia peduli padamu.Cara menarik perhatian Gadis di harvestmoon a wonderful life adalah dengan
celia and guy
memberikan hadiah kesukaan masing-masing gadis karena kesukaan mereka berbeda-beda.Gadis di harvestmoon a wonderful life - Pada umumnya setiap gadis mempunyai tingkat kesulitan dari yang mudah hingga yang tersulit untuk menarik perhatian mereka.
Gadis di harvestmoon a wonderful life - Gadis yang paling gampang dilamar adalah muffy dan paling sulit adalah Nami.Ketika awal permainan,hati mereka semua berwarna hijau.Nah,tugas kamu adalah membuat hati mereka berwarna merah hingga hati merah mereka berjumlah 4.Ketika ada gadis yang hati merah nya ada 3 maka peri harvest flak akan memberikan blue father kepadamu yang akan kamu gunakan untuk melamar gadis pujaan hatimu.Meskipun kamu melamar pada musim 4 tahun pertama,kamu hanya bisa menikahinya pada musim awal tahun ke 2.
Gadis di harvestmoon a wonderful life – Cara menarik perhatian Gadis di harvestmoon a wonderful life
Gadis di harvestmoon a wonderful life - Berikut ini adalah hal yang perlu kamu lakukan untuk menarik perhatian Gadis di harvestmoon a wonderful life :
  1. Selalu datang setiap hari ke rumah gadis yang akan kamu nikahi
  2. Bawakan hadiah kesukaan mereka
  3. Selalu datang ketika ada event dan jawab pertanyaan dari mereka dengan jawaban yang membuat hati mereka senang
Gadis di harvestmoon a wonderful life - Apabila kamu gagal mencapai hati ke 4 merah semua maka pada awal musim tahun ke 2 akan datang gadis yang paling mencintaimu dan memintamu untuk menikahinya.Lakukan pernikahan itu dan jika tidak maka permainan akan game over.
Gadis di harvestmoon a wonderful life – Info lengkap Gadis di harvestmoon a wonderful life
Gadis di harvestmoon a wonderful life – Inilah pilihan Gadis di harvestmoon a wonderful life yang akan kamu nikahi :
  • Celia
Gadis ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : mempunyai rambut coklat dan selalu memakai bandana dari kain pada kepalanya,memakai pakaian berwarna hijau.Gadis ini menurut saya adalah gadis yang manis tetapi sedikit memiliki sifat manja dan sangat menyukai alam.Celia paling gampang ditemui ketimbang gadis yang lain
Rumah celia berada di vesta farm di seberang sungai
Kesukaan Celia adalah : Bunga,semua sayuran,telur,kristal permata, dan segala koin
Tempat diary celia ada di lantai 2 rumah nya pada tempat tidur.kamu bisa mencapai tempat  itu dengan menaiki tangga putar.
Jadwal kegiatan celia adalah berikut ini :
  1. 08.00 AM – 03.00 PM berada di sekitar rumahnya
  2. 03.00 PM – 05.30 PM berada di pekarangan milik vesta farm
  3. 05.30 PM – malam  berada di dalm rumah nya sendiri
    1. Pada tanggal 3 & 8 :
  4. 08.00AM – 12.oo AM berada di dalam rumahnya
  5. 12.00AM – 02.00 PM berada di perjalanan menuju vila
  6. 02.00 PM – 16.00 PM berada pada halaman depan vila
  7. 06.00 PM  - 08.00 PM berada pada perjalanan kembali ke vesta farm
Trik menurut saya agar dapat dengan cepat mendapatkan celia adalah selalu membeli bibit kepadanya pada pagi hari dan selalu berikan bunga serta menjawab pertanyaan darinya dengan jawaban yang bagus
  • Lumina
Memiliki ciri -ciri : seorang gadis berambut coklat mengenakan baju putih dan sangat menyukai piano.Kamu bisa menemuinya dengan selalu pergi ke vila dengan memberinya bunga setiap hari.
Rumah lumina berada di vila dan tinggal di kamar lantai 2 vila tersebut.
lumina sangat menyukai : bunga,kentang goreng,kue strawberry
Diary dari lumina berada di meja dalam kamarnya di dekat boneka kelinci
Jadwal kegiatan lumina adalah sebagai berikut
  1. 09.00 AM – 09.30 AM di kamarnya lantai 2
  2. 09.30 AM – 12.00 PM bermain piano di Villa
  3. 02.00 PM – 04.00 PM berjalan dari Villa ke rumah Fireworks Maker
  4. 04.00 PM – 06.00 PM di hala-man Fireworks Maker,
  5. 06.00 PM – 07.00 PM di halaman Villa
  6. 7.00 PM -0 8.00 PM menemui Romana tapi kamu tidak bisa mene-muinya
  7. 08.00 PM – 09.00 PM berjalan menuju kamarnya,
  8. 09.00 PM –  10.00 PM ada di kamarnya,
  9. tidur 10.00 PM.
jadwal kegiatan lumina ada tanggal 3 & 8 :
  1. 10.00 AM – 04.00 PM berada di halaman Villa,
  2. 04.00 PM – 05.30 PM berjalan dari Villa ke tempat Van (samping Inner Inn)
  3. 05.30 PM – 06.40 PM di tempat Van,
  4. 06.40 PM – 08.00 PM berjalan dari tempat Van ke Villa,
  5. 09.00 PM – 10.00 PM di kamarnya.
Cara cepat agar kamu bisa mendapatkan lumina adalah selalu mengunjunginya ketika dia bermain piano sekitar jam 8 sampai jam 11 dan memberinya bunga setiap hari serta menjawab setiap event dengan jawaban yang bagus
  • Muffy
Gadis ini memiliki ciri-ciri : memiliki rambut pirang berwarna kuning dan selalu mengenakan baju gaun berwarna merah .
Tempat tinggal muffy berada di salah satu kamar di Blue Bar
Kesukaan Muffy adalah : bunga,kristal,koin,dan moon ore
Tempat diary muffy ; tempat diary muffy berada di sekitar vas bunga sekitar pojok blue bar
Jadwal kegiatan muffy adalah sebagai berikut :
  1. 09.00 AM –  12.00 AM berada di kamarnya,
  2. 12.00 PM –  03.00 PM bekerja di Blue Bar,
  3. 03.00 PM –  05.00 PM di dapur Inner Inn,
  4. 05.00 PM –  06.00 PM berjalan dari Inner Inn ke Blue Bar,
  5. 06.00 PM –  08.00 PM di kamarnya,
  6. 08.00 PM –  10.00 PM bekerja di Blue Bar.
Jadwal kegiatan muffy tanggal 3 & 8 :
  1. 10.00 AM – 11.00 AM di kamarnya,
  2. 11.00 AM – 04.00 PM bekerja di Bar,
  3. 04.00 PM – 04.30 PM berjalan ke Inner Inn
  • Nami
Nami memiliki ciri-ciri : Gadis Gadis di harvestmoon a wonderful life yang paling tomboy dan berpakaian layaknya laki-laki memakai kemeja berwarna biru dan celana pendek.Sifatnya sangat dingin walaupun kamu sudah memberinya hadiah
Tempat tinggal nya berada di kamar lantai 2 kiri tangga rumah inner inn
Kesukaan nami adalah : Patung kuda,Fosil,Bunga blue trick,dan masakan kari
Diary nami berada di buku biru atas meja kamar nami
Jadwal kegiatan nami adalah sebagai berikut :
  1. 09.00 AM – 09.30 AM berada di kamarnya,
  2. 09.30 AM – 12.00 PM berjalan dari Inner Inn ke Spring,
  3. 12.00 PM – 05.00 PM berada di Spring,
  4. 05.00 PM – 06.40 PM berjalan dari Spring ke Blue Bar,
  5. 06.40 PM – 09.00 PM berada di dalam Blue Bar,
  6. 09.00 PM – 10.00 AM berjalan dari Blue Bar ke ladang belakang Blue Bar,
  7. 10.00 PM – 10.20 PM berada di ladang,
  8. 10.20 PM – 11.00 PM berjalan dari ladang ke Turtle Swamp,
  9. 11.00 PM – 11.30 PM di Turtle Swamp,
  10. 11.30 PM – 12.30 pulang perjalanan ke Inner Inn
Gadis di harvestmoon a wonderful life - Para gadis akan lama berada di rumah ketika sesudah menikah untuk fokus menjaga anak-anak mereka.Biasanya mereka bangun pagi pada jam 6 pagi dan tidur jam 10 sesudah menidurkan anak mu.
Gadis di harvestmoon a wonderful life – Selamat mencari Gadis di harvestmoon a wonderful life untuk jadi istri kamu
Gadis di harvestmoon a wonderful life - Nah,apakah ada yang ditanyakan tentang Gadis di harvestmoon a wonderful life ?? itu tadi adalah semua informasi tentang Gadis di harvestmoon a wonderful life yang akan kamu nikahi.pilih lah Gadis di harvestmoon a wonderful life sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan dan jangan salah pilih.Sekian dari ade dan selamat membaca Gadis di harvestmoon a wonderful life
Sayuran
-  strawberry.   : spring – fall
-  tomat.           : spring – fall
-  semangka.    : spring – summer
-  melon.          : summer – fall
Umbi-umbian
-  wortel.                   : fall – winter
-  kentang.       : winter – spring
-  ubi.               : fall
-  lobak.           : summer – winter
Buah-buahan
-  persik.          : summer
-  jeruk.            : summer
-  anggur.         : fall
-  pisang.                   : summer
-  apel.             : fall
Cara Mendapatkan Tartan – Harvest Moon A Wonderful Life
Hallo sobat Farmers, kali ini saya punya cara di Harvest Moon A Wonderful Life untuk mendapatkan Tartan pada tahun kedua tanpa bersahabat terlebih dahulu dengan Takakura. Biasanya Tartan baru bisa didapatkan pada tahun ketiga atau keempat saja, tahun kedua jarang atau paling tidak kamu harus bersahabat terlebih dahulu dengan Takakura. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini.
Sebelumnya, apa sih Tartan itu? Tartan adalah sebuah tanaman yang bisa berbicara dan memiliki keistimewaan untuk menyilangkan (hybrid) bibit tanaman. Kemampuannya menyilangkan bibit tanaman dapat membuat suatu jenis bibit baru. Misal bibit jeruk disilang dengan bibit apel, akan memunculkan bibit jenis baru dengan karakteristik campuran antara jeruk dan apel. Kemudian bibit jenis baru ini bisa lagi disilangkan dengan bibit jenis baru yang lain yang menghasilkan bibit jenis langka. Tiap kombinasi bibit yang berbeda membuat bibit baru yang berbeda pula. Bibit baru ini juga bisa kita beri nama sesuai dengan keinginan kita.
Sudah cukup basa-basinya, langsung saja berikut caranya:
Pada dini hari, terserah jam berapa, asalkan sebelum pukul 05.00 a.m, suruhlah Takakura untuk membeli sesuatu di kota. Caranya? Sudah pasti tahu, langsung saja ke tempat storage, lalu terserah apa yang ingin kita order. Setelah pukul 05.00 a.m, Takakura pun berangkat ke kota. Lakukan kegiatan rutinitas seperti biasa. Setelah siang hari dia akan datang kembali ke perkebunan. Kita masih punya banyak waktu, jadi lakukan kegiatan lain saja dulu. Setelah senja sekitar pukul 06.00 p.m, bersiaplah di perkebunan. Takakura akan akan memasuki rumahnya, segera ikuti dia. Terus buntuti dia, sampai kamu berada di depan rumahnya Takakura. Tunggu Takakura memasuki rumahnya. Detik-detik menuju pukul 07.00 p.m, Takakura membuka pintu dan memasuki pintu. Bersiap di depan pintu rumah Takakura, dan ketika jam menunjukkan pukul 07.00 p.m TEPAT, dan lampu rumah Takakura menyala, langsung tekan X untuk masuk ke rumah Takakura. Dan, kamu akan menjumpai cutscene yang mana Takakura memperlihatkan Tartan kepadamu.
Cara ini saya coba pada tahun kedua dan saya masih belum bersahabat dengan Takakura, dan berhasil. Tapi, cara ini saya coba hanya sekali, jadi jika kamu tidak berhasil, maka bisa dicoba di lain waktu . . .
Jika ada tips dan trik lainnya seputar Harvest Moon A Wonderful Life, bisa di-share disini ya sobat Farmers, Salam Harvest Moon ^ ^
Potato + Watermelon
Bashber
Spring-Summer
Potato + Sweet Potato
Bashota
Winter-Summer
Strawberry + Watermelon
Berryber
Spring-Summer
Melon + Strawberry
Berryto
Fall-Spring
Strawberry + Sweet Potato
Berryto
Fall-Spring
Strawberry + Potato
Berrytoma
Spring-Fall
Carrot + Watermelon
Cabber
Spring-Summer
Carrot + Strawberry
Caberry
Fall-Spring
Carrot + Turnip
Cady
Winter-Summer
Carrot + Melon
Camelo
Summer-Fall
Strawberry + Turnip
Dhibe
Fall-Spring
Melon + Turnip
Dhilon
Spring-Fall
Tomato + Watermelon
Gretoma
Spring-Fall
Sweet Potato + Turnip
Kandy
Winter-Summer
Carrot + Sweet Potato
Kanro
Summer-Fall
Sweet Potato + Watermelon
Kashry
Spring-Summer
Melon + Tomato
Melatoma
Spring-Fall
Melon + Watermelon
Melober
Spring-Summer
Potato + Strawberry
Paberryta
Fall-Spring
Melon + Potato
Potamelo
Summer-Fall
Potato + Turnip
Radita
Winter-Summer
Turnip + Watermelon
Raury
Spring-Summer
Melon + Sweet Potato
Sholo
Summer-Fall
Carrot + Potato
Tataro
Winter-Summer
Potato + Tomato
Tobatoma
Spring-Fall
Carrot + Tomato
Tomaca
Spring-Fall
Tomato + Turnip
Trady
Spring-Fall
Sweet Potato + Tomato
Yamato
Spring-Fall
Untuk Tanaman Pohon
Combined Seeds
Result
Time
Banana + Apple
Appage
Fall
Banana + Grape
Gehju
Fall
Grape + Peach
Jurum
Fall
Orange  + Peach
Lanmuge
Fall
Banana + Orange
Magenge
Winter
Banana  + Peach
Megerum
Winter
Grape + Orange
Orahge
Summer
Apple + Orange
Oraphu
Spring
Apple +Grape
Phuju
Summer
Apple + Peach
Phurum
Fall
Bercocok tanam dalam Harvest Moon terbaru ini sangat berbeda dengan Harvest Moon sebelumnya karena banyak hal yang harus kamu perhatikan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Selain itu banyak kriteria yang harus kamu perhatikan agar bisa menghasilkan panen yang bagus. Adapun hal yang perlu diperhatikan yaitu : > Pemilihan Ladang > Pemilihan
Bibit berdasarkan Musim dan jenis bibit > Pengaturan Penanaman > Bercocok Tanam > Panen dan Penjualan Hasil Ladang
> Pemilihan Ladang Pada awalnya kamu memiliki 2 Ladang yaitu ladang di samping rumahmu dan ladang lainnya di samping Chicken Coop dekat Sumur Pompa. Ladang di dekat Chicken Coop merupakan ladang yang subur yang baik jika ditanami sayuran maupun umbi-umbian agar cepat tumbuh, sedangkan ladang dekat rumah adalah ladang yang kurang subur. Untuk ladang ini lebih baik ditanami buah-buahan yang pohonnya bisa tumbuh pada musim apa saja sesuai musim pada buah tersebut.. Nantinya jika kamu telah mengurus 2 ladang ini dengan baik maka Takakura akan memberikan ladang ke-3 yang lebih luas dan lebih subur, jadi kamu bebas menanam tanaman apa saja.
> Pemilihan Bibit Tidak semua bibit dapat tumbuh pada musim yang sama. Jika bibit yang kamu tanam tidak sesuai musimnya maka bibit tidak akan tumbuh serta mati sehingga merugikanmu. Untuk itu harus diperhatikan jenis bibit yang ditanam tiap musimnya agar bisa dihasilkan panen yang bagus.
Pengaturan Penanaman Berbeda dengan seri Harvest Moon sebelumnya maka pengaturan penanaman sangat penting agar didapatkan hasil panen alias tidak gagal panen akibat pengaturan yang tidak sesuai. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat hendak menanam di ladang :
> Selalu sediakan jarak untuk tiap penanaman bibit yang berbeda agar bibit yang telah tumbuh tidak memakan sari tanah sampai habis sehingga bibit yang belum tumbuh akan mati. Untuk bibit yang sejenis mungkin bisa jika terlalu rapat tapi lebih baik diberi jarak kecuali ingin hasil yang besar.
> Jangan menanam Sayuran/Umbi terlalu dekat dengan pohon buah karena pohon lebih banyak menyerap sari tanah daripada sayuran sehingga kemungkinannya sayuran tidak tumbuh atau mati juga besar.
> Jika pohon telah tumbuh besar, jangan menanam sayuran dekat pohon karena bisa terhalang oleh pohon dan juga tidak mendapat cukup sinar matahari untuk tumbuh.
> Jangan menanam pohon buah terlalu rapat antara yang satu dengan lainnya karena dapat mengganggu pertumbuhan pohon buah ini.
> Jika sudah ada bibit tanaman yang telah tumbuh maka jangan menanam bibit baru terlalu dekat dengan tanaman ini karena kemungkinan besar bibit tidak bisa tumbuh.
> Ada baiknya kamu menanam pohon buah dalam satu ladang yang kurang subur dekat rumah karena pohon buah akan tumbuh sepanjang masa walaupun berbuah pada musim tertentu saja. Kalaupun ingin menanam pohon buah di tiap ladang maka usahakan menanam pohon buah di pinggir ladang tentunya juga diberi jarak minimal satu petak.
Untuk jelasnya bisa kamu lihat pada contoh penempatan tata cara penanaman yang baik maupun yang buruk.
> Bercocok tanam Setelah merencanakan tata cara penanaman maka mulailah mencangkul tanah untuk menggemburkan tanah. Sebarkan bibit pada tanah yang telah dicang-kul, ingat tanah yang belum dicangkul tidak bisa disebarkan bibit. Setelah menyebarkan bibit maka gunakan Watering Can untuk menyirami bibit, ambil air di Well/sumur pompa. Untuk tanaman sayuran/umbi-umbian ada baiknya kamu menyiraminya 2 kali sehari tiap pagi dan sore/malam agar tanahnya tetap lembab (berwarna gelap). Dengan demikian sayuran akan cepat dipanen karena jika dibiarkan kering atau kurang lembab bisa mengakibatkan per-tumbuhan menjadi lambat bahkan bisa mati. Selain itu kamu harus merencanakan dengan matang pena-naman bibit, jangan menanam bibit di akhir musim apabila bibit ini tidak bisa tumbuh di musim berikutnya (untuk jelasnya lihat bagian pemilihan bibit).
Untuk pohon buah-buahan juga perlu perawatan, kalau bisa berilah pupuk untuk mempercepat pertumbuhannya. Saat pohon buah tumbuh selalu perhatikan kelembaban tanah agar tidak kering sebelum mencapai tinggi maksimal. Jika pohon ini telah tumbuh maksimal (memerlukan waktu kurang lebih 30 hari) maka tidak perlu menyiraminya lagi karena tanah senantiasa lembab.
> Panen & Penjualan Hasil Panen Setelah kerja keras tentunya harus membawa hasil bukan??? Untuk sayuran jika terlah berbunga maka akan berbuah beberapa saat kemudian (contohnya melon) sehingga tak lama lagi bisa dipanen. Untuk tanaman umbi-umbian bisa memanen hasilnya yang berada di akarnya. Sayuran tidak bisa dipanen ulang jadi hanya sekali saja kemudian harus menanam bibit baru setelah digemburkan tanahnya.
Untuk pohon buah yang sudah berbuah pada musimnya tunggu terlebih dahulu hingga buah matang tapi ingat latih anjingmu untuk menjaganya dari Murrey si pencuri. Jika buah pada pohon sudah matang maka cukup goncang pohon ini (tanda “Shake” pada tombol X) untuk menjatuhkan buahnya sehingga bisa diambil. Kamu juga bisa menunggu hingga buah matang ini jauh sendiri. Ambil buah yang jatuh (tanda “Pick Up” pada tombol X). Pohon buah senantiasa bisa dipanen ulang pada musim yang sama berikutnya. Tiap pohon menghasilkan kurang lebih 16 buah.
Setelah bisa memanen hasil ladangmu baik sayuran maupun buah-buahan maka kamu bisa menjualnya dengan 3 cara yaitu :
> Menaruh hasil panen pada keranjang di Food Storage agar Takakura bisa membawanya ke kota untuk menjualnya.
> Membawa hasil panen dalam Rucksack dan membuka toko kaki lima di halaman kosong depan Inner Inn (Penginapan)
> Setiap tanggal 3 dan tanggal 8 tiap musimnya bisa membawa hasil panen ke depan Inner Inn tempat Van membuka toko maka kamu bisa menjual hasil panen padanya tentunya dengan menawar harga tertinggi.
Livestock/Ternak
Cows/Sapi Sapi akan memakan Fodder yang bisa kamu taruh pada Feedbox yang tersedia di Barn. Jika lewat tengah hari, Fodder ini belum dimakan juga maka kamu harus menyuapi sapi ini. Kamu juga bisa membuat Fodder dengan memotong rumput, dan ambillah Fodder dari Barn’s dispenser. Jika cuaca bagus maka bawalah sapi keluar kandang untuk mengurangi stress dan menjaganya tetap sehat. Untuk mengeluarkan Sapi dari kandang cukup tekan tombol merah di pintu belakang luar kandang menuju padang rumput tapi kamu juga bisa mendorongnya ke arah pintu, ingat jangan bawa keluar sapi saat hari hujan. Kamu tidak perlu meletakkan Fodder lagi pada Feedbox jika sapi telah dibawa keluar.. Jangan sampai sapi stress atau lapar karena membuatnya sakit. Jika sapimu sakit maka gunakanlah Animal Medicine untuk menyembuhkannya, jika kamu abaikan maka sapimu akan mati. Untuk menjaga sapi tetap sehat maka selalu bicara dengannya dan sikat setiap hari, jangan sesekali membangunkan sapi yang sedang tidur karena membuat hatinya tidak senang. Untuk sapi yang sakitnya tidak terlalu parah cukup berikan satu Animal Medicine sehari tapi jika tidak mempunyai efek apa-apa berikanlah lebih dari satu Animal Medicine sehari. Kamu harus memberi makan sapi dengan menyodorkan fodder dari tangan saat ia sakit atau tidak mau memakan fodder dari tempatnya hingga ia sembuh dan mau memakan fodder langsung dari tempatnya.Jika kamu mempunyai sapi dewasa dan memberikannya Miracle Potion maka sapi akan hamil selama 18 hari. Setelah kehamilan berumur 15 hari maka sapi akan dikarantina pada pagar besi di kandang selama 3 hari, setelah itu Calf (bayi sapi) akan lahir. Anak sapi ini otomatis ditempatkan dalam tenda di padang rumput selama 9-10 hari. Selama 3 hari pertama kamu harus memerah susu dari induk sapi dan memberikannya pada anak sapi menggunakan botol susu, harus diberikan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Selain itu anak sapi juga memerlukan rumput jadi kamu harus mengisi tempat makanan sapi yang berada di dalam tenda. Setelah 10 hari maka Calf akan tumbuh menjadi Calf Hutch (sapi remaja) tapi belum bisa diperah susunya
Seekor sapi betina dapat diperah susunya terus menerus selama 40 hari (satu tahun). Gunakan Cow Milker untuk memerah susu tapi hanya sapi yang sehat dan bahagia yang bisa diperah susunya. Asyiknya kamu bisa memerah susu beberapa kali dalam satu hari, makin bahagia sapi betina yang kamu pelihara maka makin banyak susu yang dihasilkan. Buatlah sapimu bahagia hingga bisa diperah susu kualitas S yang merupakan kualitas terbaik. Sapi betina yang sakit tidak akan menghasilkan susu, demikian juga dengan sapi yang sedang hamil maka selama kehamilannya tidak akan menghasilkan susu. Setelah melahirkan pun susunya harus kamu berikan pada anak sapi jadi tidak bisa dijual. Selain sapi betina yang awalnya kamu dapatkan maka jika kamu membeli sapi betina baru maka sapi betina baru ini tidak akan menghasilkan susu hingga kamu kawinkan dengan sapi jantan. Setelah melahirkan barulah sapi betina ini akan menghasilkan susu jadi segera kawinkan dengan sapi jantan milikmu (gratis) ataupun dengan sapi jantan dari kota (bayar). Untuk mengawinkan sapi ini pergilah ke Food Storage dan pilih bagian Order Miracle Potion. Keesokan harinya atau mungkin 2 hari kemudian, Takakura akan memanggilmu ke Barn untuk melihat caranya mengawinkan sapi walaupun kemudian kamu disuruh keluar.ToT.
Kamu bisa menyayangi sapi dengan 3 cara yaitu: > Berbicara (Talk) terhadapnya dengan berdiri menghadap ke belakang sapi (tekan tombol X)
> Menyayanginya (tanda Love) dengan berdiri berhadapan dengan muka sapi (tekan SEGITIGA) maka kamu akan mengelus-elus sapi ini
> Menyikatnya (tekan X untuk Brush) saat berdiri di samping sapi tapi harus memegang sikat. Selain itu bisa memandikannya (Wash) jika berada dekat bak air di padang rumput (tekan SEGITIGA) saat memegang sikat.
> Membelikan sapi jantan untuk sapi betina maka hatinya akan senang sekali apalagi jika kamu mengawinkannya.
Tapi ingat jangan berbicara, menyayangi, ataupun menyikat sapi yang sedang tidur karena ia tidak akan senang (tanda benang kusut hitam).
Jika kamu sampai kehabisan rumput maka jangan membabat rumput di padang rumput karena sia-sia saja, rumput ini harus dipupuk dulu biar subur barulah setelah beberapa hari rumput saat rumput tumbuh hijau sekali maka rumput tersebut dapat dipotong untuk otomatis berada di Barn’s dispenser. Segera beli Good Fodder pada Takakura walaupun cukup mahal tapi itulah jalan satu-satunya jadi untuk mencegahnya segera beri pupuk pada rumput di belakang Barn.
Ada beberapa jenis sapi yaitu Normal Cows, Star Cows, Brown Cows, dan Marble Cows yang masing-masing menghasilkan susu yang berbeda.
Sheep/Domba Sama halnya dengan sapi, domba juga memakan Fodder dengan menaruhnya di Feedbox. Kamu juga harus menyuapi domba jika ia tidak menyentuh makanannya setelah lewat setengah hari. Domba juga bisa dibawa keluar dan harus diperhatikan kesehatannya.
Gunakan Wool Shears untuk mendapatkan Wool dari domba, jika kamu mencukur bulu domba maka perlu 10 hari untuk bulunya tumbuh kembali. Kualitas Wool ditentukan oleh kondisi domba, semakin sehat domba maka semakin baik kualitas Wool yang dihasilkan. Agar domba bahagia maka perlu disikat setiap hari dan diberi makan maka domba nantinya bisa menghasikan Wol emas (Gold Wool).
Untuk domba kamu harus membelinya dengan memesan pada Takakura untuk membelikan domba ini di kota. Domba yang bisa kamu dapatkan hanyalah domba jantan. Domba ditempatkan dalam Barn sekandang dengan Sapi.. Jika kamu menjual Domba ini maka cuma dihargai 750G
Ini ada masukan lain untuk kamu2 yang lebih penasaran dengan tokoh2 nya

Sekian karakter dan hadiah di harvest moon wonderful life ps2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar